Senin, 01 Februari 2010

Ambigram ...again

(sebelum baca ini, baca dulu post 'Ambigram' yah..)

Setelah melihat ambigram buah karya saya di post sebelumnya, pasti Anda sekalian merasa takjub dan bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya (asal nuduh aja nih...).
Ada juga yang bertanya apakah itu hasil buatan software ambigram generator ato sejenisnya.
Well, seperti ada tertulis pada post sebelumnya, saya membuatnya manual dengan pencil and paper (paper di sini bisa kertas apa saja, pada kasus saya yang digunakan adalah handout kuliah).

Tentu saja pembuatan secara manual ini membutuhkan kemampuan seni tingkat tinggi (sombong ah..). Ada juga faktor lain yang cukup mempengaruhi, yaitu kata yang akan dibuat ambigram sendiri.
Pada ambigram yang saya buat ('LEUNAMI'), kebetulan huruf L dan I cukup mirip sehingga modifikasi agar bisa menjadi ambigram satu sama lain cukup mudah. Huruf N sendiri sudah merupakan ambigram natural jadi tidak membutuhkan modifikasi apapun. Kemudian huruf U dan A dengan sedikit sentuhan bisa dibuat ambigram karena bentuknya yang secara garis besar saling berkebalikan. Yang cukup sulit adalah mengakali bagaimana agar E dan M bisa menjadi ambigram satu sama lain.
Nah jadi jika saya disuruh membuatkan ambigram nama seseorang, belum tentu saya memiliki kemampuan untuk membentuknya (ditambah lagi rasa males kalo itu bukan untuk pacar ato cewek yang lagi diincer).
Trus gimana dong nasib kalian yang pengin punya ambigram tapi gak bisa membuat secara manual??
Ya itu mah urusan kalian.. <-- lagi-lagi sikap blogger yang kurang bersahabat, menyebalkan sekali yah?

Eits... Jangan berkecil hati dulu. Setelah riset dan penelitian lanjutan yang saya lakukan, saya telah menemukan situs untuk men-generate ambigram dengan hasil yang cukup bagus. Ya emang gak berlaku untuk semua kata ato nama sih, kadang ada hasil yang agak wagu alias mekso. Bahkan kadang ada kata yang tidak bisa dibuat sebagai ambigram. Tapi overall bagus deh. Coba deh di sini.
Oya, tapi hati-hati yah, ada terms of service di sana yang salah satu poinnya melarang kita untuk memakai ambigram hasil generator di sana untuk situs ato website lain. Jadi misal kalo kita suka ambigram nama kita yang dibuatin sama situs itu, trus kita copy dan pake di facebook, bisa dianggep sebagai criminal offence.
Yah dipandang en dikagumi aja deh..

Bagi Anda-anda yang tertarik lebih jauh dengan ambigram, karena blog ini tidak bisa selamanya membahas tentang ambigram terus, singgah aja ke situs ini. Ada kompetisinya segala loh!! Dahsyat ya?

Sementara sekian dulu deh tentang ambigram. Sebagai penutup post kali ini, sekali lagi akan saya pamerkan ambigram masterpiece saya yang terbaru (kali ini jenis mirror-image). Selamat mengagumi..
 
(ujung-ujungnya pamer lagi...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar