Senin, 01 Februari 2010

Ambigram

Udah baca ato nonton film "Angels & Demon"? Saya sih cuma baca bukunya, belum nonton filmnya.
Bagi yang sudah, pasti tau tentang ambigram ini, jadi sepertinya tidak perlu penjelasan lebih lanjut.
Bagi yang belum baca ato pun nonton (kasihan deh..) baiklah terpaksa akan saya jelaskan apa itu ambigram (cihh.. menyusahkan saja kalian itu <-- benar-benar blogger dengan sifat yang kurang bersahabat terhadap pembaca yah, menyebalkan sekali...).
Sebelumnya agar lebih jelas, lihatlah gambar di bawah ini dulu:

(courtesy of ambigram.com)

Terbaca sebagai "Angels & Demon" kan? Nah coba kalo dibalik atas jadi bawah, bawah jadi atas alias dirotasi 180 derajat... Masih tetep kebaca sebagai "Angels & Demon" kan? Dahsyat ya..
Itulah yang dimaksud dengan ambigram: tulisan yang kalo dibolak-balik 180 derajat bisa tetep kebaca...
Eitss... apa bener gitu artinya?
Awalnya sih saya juga berpikir begitu, tapi pas lagi riset n penelitian buat nulis post ini (sangar to? nulis blog aja pake riset dulu.. hmm... padahal ya dari wikipedia doang sih.. hoho..) ternyata ambigram gak cuma itu loh.
Ada banyak tipenya: rotational (contohnya yang di atas tadi), mirror-image (ambigram yang bisa dibaca di cermin), natural (kata-kata yang secara alami sudah ambigram, misal 'dollop', 'suns', 'pod', 'bud'), de el el.
Yah intinya sih, asalkan bisa dibaca dengan lebih dari satu cara.

Dulu pas baca novel "Angels & Demon" saya bener-bener terkagum-kagum liat ambigram-ambigram yang ada di situ. Kalo gak salah nama artis yang bikin ambigram itu Langdon. Nah makanya Dan Brown si pengarang merasa utang budi trus namanya diabadikan sebagai nama tokoh utama novelnya.
Akhirnya kekaguman saya itu berlanjut menjadi sebuah tekad untuk membuat sesuatu yang kayak gitu.
Alkisah di sebuah kelas kuliah yang saya ikuti, berhubung saya merasa sudah paham dengan apa yang diterangkan dosen di depan, saya iseng-iseng nggambar-nggambar di fotokopian materi kuliah, coba-coba bikin ambigram nama saya, dan.. tet teret tet tereeetettt.... inilah hasilnya setelah digambar ulang dengan corel..

Dahsyat ya?


(Bagi pembaca yang jeli, pasti bisa menebak bahwa pembahasan dan penjelasan saya yang panjang lebar tentang ambigram di atas sebenarnya hanya kedok untuk basa-basi belaka. Inti dari postingan ini sebenarnya adalah niatan saya untuk pamer bahwa saya bisa bikin ambigram nama saya.)

6 komentar:

  1. wah mau dong.... buatin namaku bisa???

    BalasHapus
  2. hmm... gak dijamin bisa sih dan belum tentu sempat (alasan klise...)
    bai de wei, namanya siapa? Orang Iseng? haha..

    BalasHapus
  3. huaaa... Good good..akhirnya kamu buat blog..huakaka.... aku dukung kamu,, terus maju ya.... Pasti blog kamu bakal ramee nihh,, abis nya aku ndiri juga suka baca tulisanmu,,,

    BalasHapus
  4. leunami lah.... opo meneh jal??

    BalasHapus
  5. @sherly: thanks yah :) tapi kalo yang suka baca kamu sendiri ya sepi lah.. haha..

    @gilda: ho-oh.. hoho..

    BalasHapus
  6. ya ampun, yuw, ciamik tenen isa buat blog iki py carane??

    BalasHapus